Rabu, 20 April 2011

1001 Macam Kata-Kata Bijak Tentang Cinta dan Asmara

Do you like this post?

Tulisan ini berawal dari sebuah buku kecil yang saya temukan secara tidak sengaja . Secara fisik buku ini sudah tidak layak lagi untuk dibaca karena sudah kehilatan usang, dekil dan tak ada covernya lagi dan tak tahu siapa pengarang, penerbitnya tahun berapa serta identitas lainnya ditambah lagi menggunakan Bahasa Indonesia  Ejaan Lama. Tapi setelah saya baca dari laman 3 - 46, karena hanya itu yang tersisa. Ternyata di dalamnya terdapat tulisan-tulisan berupa kata-kata bijak mengenai cinta dari penyair atau para pujangga seperti  Shakespeare, Victor Hugo, Pierre Louis dan lain-lainnya.  Pikir-pikir sayang kan kalo di buang ke tempat sampah atau dibakar. Baiklah enggak usah panjang lebar lagi bercerita tentang buku kecil yang telah usang tersebut.  Berikut kata-kata cinta yang  tersirat dalam buku tersebut. Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi  para pembaca khususnya anak-anak muda maupun tua yang sedang dimabuk cinta alias dilanda asmara.

Bahkan sesuatu yang jelek dan tidak berharga dapat dibuat indah dan berarti oleh cinta (Shakespeare )

Cinta adalah penyakit penuh derita, yang menolak segala obat  (Samuel Daniel )

Mencintai adalah memilih (Joseph Roux)

Kalau kau ingin dicintai, jangan ceritakan semua mengenai dirimu kepada kekasihmu (Patilal )

Cinta yang didasarkan kepada harta mudah putus karena harta (Supomo)

Cinta bukan diukur dari keelokan tubuh, tetapi keelokan budi (Ellen Key )

Cinta kepada harta artinya bakhil, cinta kepada perempuan artinya alam, cinta kepada kapada diri artinya bijaksana, cinta kepada mati artinya hidup, cinta kepada kepada Tuhan artinya Taqwa ( Hukama)

Cinta adalah penakluk kembali  yang abadi. Memiliki bukanlah apa-apa, tetapi menjaga jangan sampai lepas itulah yang lebih penting (Maryse Choisy)

Permata yang bisu dalam kesunyian lebih memberi pengaruh kepada cinta seorang  perempuan dari pada kata-kata yang berjiwa (Shakerpeare)

Cinta yang dimulai dengan penuh semangat yang membakar, seringkali berakhir dengan dingin dan beku (Seneque)

Cinta adalah salah satu penyakit yag tak dapat kita menyembunyikannya. Sebuah perkataan, sebuah pandang tidak hati-hati, bahkan dengan berdiam diri bisa menyebabkan dia ketahuan (Abelard)

Cinta adalah perhubungan titik perhatian dan kedamaian di dalam hati (Donna Reed)

Jatuh cinta adalah semacam bara yang menyala di hati dan yang bisa menghancurkan rasa pedih dan kecewa (Terry Moore)

Cinta bukan keisengan tetapi keindahan (Gogoh)

Hati yang sesungguhnya ia mencintai adalah sorga dunia; Allah ada dalam dirinya, karena Allah itu penyayang (Lamennais)

Cinta adalah bintang dari kehidupan. Hidup yang tak pernah disentuh cinta semacam malam yang tak berbintang, gelap dan kelam (Victor Hugo)

Mungkin cinta adalah lebih kuat dari pada mati, tetapi sakit adalah lebih kuat dari cinta (Murcel Provost)

Jangan cari cinta pada anak-anak dara. Cinta adalah suatu seni yang sukar dimana gadis-gadis yang muda hanya sedikit mempunyai kemahirannya (Pierre Louis)

Cinta tak mengenal beban, tak mau memikirkan kesulitan dan aral melintang bahkan tak mau memikirkan suatu yang tak mungkin (Thomas  Ak)

Cinta tak dapat dikendalikan dengan kekerasan. Begitu datang kekerasan bigitu cinta mengepakkan sayapnya dan selamat jalan, hilanglah dia (Chancer)

Cinta tak mengenal maksud dan tak mengenal tujuan (P. Flechter)

Cinta menghendaki upah yang berlipat ganda, dia mengira tidak mencapai apa-apa, selama ia masih di dalam tingkat untuk mencapai sesuatu (Vincant Denon)

Cinta yang didasarkan kepada materi, kebendaan adalah cinta yang terbit dari hawa nafsu yang serakah (D.I. Amoury)

Penghidupan itu adalah sebagai bunga dan cinta itu adalah sebagai madu (Victor Hugo)

Perburuan cinta  tak kalah maranya dengan pengejaran singa betina di sela-sela karang pada tandus kering (Djoni Herlaut)

Cinta adalah serupa jiwa yang merdeka (Chancer)

Asmara itu kaya raya, orang yang sudah cacad dari medan perang dapat dianugerahi oleh cinta itu, sehingga ia merasa hidup ini nikmat kembali (Manfaluti)

Cinta itu bukan sumber bahagia, tetapi ketiadaan cinta adalah sumber derita (Bertrand Rusel)

Oke …… kita cukupkan dulu sampai disini dulu, kita sambung lagi di posting selanjutnya.  Semoga bermanfaat …..

0 komentar:

Poskan Komentar